17 Jul 2021

FGD Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Publikasi Pusat Studi

Pusat Studi PIPW menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Publikasi Pusat Studi. Kegiatan FGD tersebut bertujuan untuk meningkatkan indeks publikasi anggota maupun pusat studi. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Juli 2021 pukul 19.30 WIB melalui zoom meeting. FGD dihadiri oleh anggota peer group Pusat Informasi dan Pembangunan Wilayah (PIPW) dengan narasumber Prof. Dr. Eng. Agus Purwanto, S.T., M.T (Direktur Inovasi dan Hilirisasi UNS) dan Erma Fitria Rini, S.T., M.T (Pengelola Jurnal REGION PIPW LPPM UNS). Bertindak sebagai moderator adalah Selfia Bintariningtyas, S.E., M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS dan anggota peer group PIPW).

Prof. Dr. Eng. Agus Purwanto, S.T., M.T sebagai Narasumber 1 menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel karya ilmiah antara lain novelty, ethical, pengambilan sampel, desain penelitian, teknik statistika yang digunakan, pencantuman gambar, sitasi, abstrak, dan kejelasan bahasa yang digunakan. Narasumber juga menekankan bahwa pada awalnya diperlukan effort yang besar dan harus membiasakan diri untuk membaca minimal 100 referensi artikel sejenis sehingga akan mengetahui mapping yang akan ditulis nantinya.

Erma Fitria Rini, S.T., M.T sebagai Narasumber 2 menyampaikan tentang track record dan kinerja Jurnal REGION sejak awal mula dibentuk pada tahun 2006 yang masih berupa versi cetak hingga saat ini telah menggunakan OJS (open journal system). Jurnal REGION saat ini telah terakreditasi Sinta 4 dan diharapkan untuk terus dapat meningkat kualitasnya. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran serta peneliti utamanya anggota peer group PIPW untuk konsisten menulis artikel ilmiah.